Assalamualaikum,
Bagi anda yang sedang mencari RPP Informatika di masa pandemi, berikut adalah contohnya :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Informatika
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 4 pertemuan (8 JP)
Tujuan Pembelajaran |
Kompetensi Dasar |
|
3.1. Mengenal pemfungsian perangkat
keras dan sistem operasi, serta aplikasi. |
||
Indikator Pencapaian Kompetensi |
||
3.1.1.
Menjelaskan pengertian perangkat keras komputer 3.1.2.
Menjelaskan macam macam piranti perangkat keras 3.1.3.
Menjelaskan pemfungsian perangkat keras komputer 3.1.4.
Menyebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai
alat masukan 3.1.5.
Menyebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai
alat proses 3.1.6.
Menyebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai
alat penyimpanan 3.1.7.
Menyebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai
alat pengeluaran 3.1.8.
Menjelaskan pengertian sistem operasi pada komputer 3.1.9.
Menjelaskan macam macam sistem operasi pada komputer 3.1.10.
Menjelaskan pemfungsian sistem operasi komputer 3.1.11.
Menjelaskan pengertian program aplikasi pada komputer 3.1.12.
Menjelaskan macam macam program aplikasi pada
komputer 3.1.13.
Menjelaskan pemfungsian program aplikasi pada komputer. |
||
Materi Pembelajaran |
1. Perangkat keras komputer 2. Sistem Operasi, dan Aplikasi |
|
|
||
Model: Saintifik dengan moda Daring. Deskripsi: Peserta didik secara mandiri
mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan memberi komentar. |
Langkah Pembelajaran
: 1.
Guru memberikan salam dan sapaan kepada peserta didik
melalui google classroom atau grup wa 2.
Guru mengabsen peserta didik menggunakan google form
atau list di grup wa, contoh http://gg.gg/absen7_1 Mengamati 3.
Guru memberikan penjelasan materi perangkat keras
komputer, sistem operasi dan aplikasi kepada
peserta didik menggunakan link blog melalui google classroom/Grup Wa. 4.
Peserta didik mempelajari
penjelasan/ulasan/video dalam goolge
classroom / Grup Wa yang diberikan
guru yang terkait dengan perangkat keras komputer, sistem operasi dan
aplikasi. Menanya 5.
Peserta didik diharapkan mampu untuk merumuskan
pertanyaan terkait dengan materi perangkat keras komputer, sistem operasi dan
aplikasi. 6.
Peserta didik secara mandiri menuliskan pertanyaan (komentar) yang belum
dipahami melalui kolom komentar atau wa Mengumpulkan
informasi 7.
Peserta didik diharapkan membuka buku siswa dan sumber lain untuk
mengumpulkan data tentang perangkat keras komputer, sistem operasi dan aplikasi Mengasosiasi 8.
Peserta didik diperbolehkan berkomunikasi melaui WA (japri)
dengan teman yang lain berkaitan dengan materi perangkat keras komputer,
sistem operasi dan aplikasi. 9.
Guru memberikan jawaban dan penjelasan atas
pertanyaan peserta didik yang memberikan komentar atau pertanyaan atas hal-hal yang belum dipahami. Mengkomunikasikan 10.
Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil
pekerjaan peserta didik. |
|
Alat, Bahan, Media: ·
laptop/Handphone ·
Video, presentasi ·
Webblog : www.yutuz.blogspot.com ·
Aplikasi Whatsapp, google classroom, google
form, google drive |
||
|
||
Asesmen: ▪ Tes tertulis :berbentuk pilihan ganda dan isian singkat yang
disampaikan dengan google form |
||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Informatika
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan (2 JP)
Tujuan Pembelajaran |
Kompetensi Dasar |
|
4.1.1. Mengamati saat sebuah
piranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai. |
||
Indikator Pencapaian Kompetensi |
||
1.
Menghidupkan
sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai. |
||
Materi Pembelajaran |
Menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp, tablet)
sampai siap dipakai. |
|
|
||
Model: Saintifik dengan moda Daring. Deskripsi: Peserta didik secara mandiri
mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan memberi komentar. |
Langkah Pembelajaran
: 1.
Guru memberikan salam dan sapaan kepada peserta didik
melalui google classroom atau grup wa 2.
Guru mengabsen peserta didik menggunakan google form
atau list di grup wa Mengamati 3.
Guru memberikan penjelasan materi cara menghidupkan
sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai, kepada peserta didik menggunakan link weblog www.yutuz.blogspot.com melalui google classroom/Grup Wa. 4.
Peserta didik mempelajari
penjelasan/ulasan/video dalam goolge
classroom / Grup Wa yang diberikan
guru yang terkait dengan cara menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp,
tablet) sampai siap dipakai Menanya 5.
Peserta didik diharapkan mampu untuk merumuskan
pertanyaan terkait dengan materi cara menghidupkan sebuah piranti (misalnya
hp, tablet) sampai siap dipakai 6.
Peserta didik secara mandiri menuliskan pertanyaan (komentar) yang belum
dipahami melalui kolom komentar atau wa Mengumpulkan informasi 7.
Peserta didik diharapkan membuka buku siswa dan sumber lain untuk
mengumpulkan data tentang cara menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp,
tablet) sampai siap dipakai Mengasosiasi 8.
Peserta didik diperbolehkan berkomunikasi melaui WA
(japri) dengan teman yang lain berkaitan dengan materi cara menghidupkan
sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai 9.
Guru memberikan jawaban dan penjelasan atas
pertanyaan peserta didik yang memberikan komentar atau pertanyaan atas hal-hal yang belum dipahami. Mengkomunikasikan 10. Guru
memberikan tanggapan dan menganalisis hasil pekerjaan peserta didik. |
|
Alat, Bahan, Media: ·
laptop/Handphone ·
Video, presentasi ·
Blog: www.yutuz.blogspot.com ·
Aplikasi Whatsapp, google classroom, google
form, google drive |
||
|
||
Asesmen: ▪ Tes tertulis :berbentuk pilihan ganda dan isian singkat yang
disampaikan dengan google form |
||
Purworejo, 13
Juli 2020
Telah memeriksa dan memvalidasi Guru mapel
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Informatika
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (8 JP)
Tujuan Pembelajaran |
Kompetensi Dasar |
|
3.2 Mengenal data berupa angka
dan hasil perhitungan rumus, dan cara menyimpan, serta mengaksesnya. |
||
Indikator Pencapaian Kompetensi |
||
3.2.1.
Menjelaskan
sel, range dan sheet 3.2.2.
Mengidentifikasi
berbagai tipe data 3.2.3.
Menjelaskan
berbagai macam operasi hitung 3.2.4.
Menjelaskan
berbagai macam fungsi 3.2.5.
Menjelaskan
berbagai macam operasi logika 3.2.6.
Menjelaskan
berbagai macam operasi statistik |
||
Materi Pembelajaran |
1. sel, range dan sheet 2. berbagai tipe data 3. Macam- macam operasi hitung 4. Macam-macam fungsi 5. Macam- macam operasi logika 6. Macam-
macam operasi statistik |
|
|
||
Model: Saintifik dengan moda Daring. Deskripsi: Peserta didik secara mandiri mengamati, bertanya,
mengumpulkan informasi, asosiasi, dan memberi komentar. |
Langkah Pembelajaran : 1. Guru memberikan salam dan sapaan
kepada peserta didik melalui google classroom atau grup wa 2. Guru mengabsen peserta didik
menggunakan google form atau list di grup wa Mengamati 3. Guru memberikan penjelasan materi
tentang sel, range dan
sheet, berbagai tipe
data, macam- macam
operasi hitung, macam-macam
fungsi, macam- macam
operasi logika, macam-
macam operasi statistik,
kepada peserta didik menggunakan link weblog www.yutuz.blogspot.com melalui google classroom/Grup Wa. 4. Peserta didik mempelajari
penjelasan/ulasan/video dalam goolge
classroom / Grup Wa yang diberikan
guru yang terkait dengan sel,
range dan sheet, berbagai
tipe data, macam- macam
operasi hitung, macam-macam
fungsi, macam- macam
operasi logika, macam-
macam operasi statistik Menanya 5. Peserta didik diharapkan mampu
untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan materi sel, range dan sheet, berbagai tipe data, macam- macam operasi hitung, macam-macam fungsi, macam- macam operasi logika, macam- macam operasi statistik 6. Peserta didik secara mandiri menuliskan pertanyaan (komentar) yang belum
dipahami melalui kolom komentar atau wa Mengumpulkan informasi 7.
Peserta didik diharapkan membuka
buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang sel, range dan sheet, berbagai tipe data, macam- macam operasi hitung, macam-macam fungsi, macam- macam operasi logika, macam- macam operasi statistik Mengasosiasi 8. Peserta didik diperbolehkan
berkomunikasi melaui WA (japri) dengan teman yang lain berkaitan dengan
materi cara menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai 9. Guru memberikan jawaban dan
penjelasan atas pertanyaan peserta didik yang memberikan komentar atau
pertanyaan atas hal-hal yang belum
dipahami. Mengkomunikasikan 10.
Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil pekerjaan peserta
didik. |
|
Alat, Bahan, Media: · laptop/Handphone · Video, presentasi · Blog: www.yutuz.blogspot.com · Aplikasi Whatsapp, google
classroom, google form, google drive |
||
|
||
Asesmen: ▪ Tes tertulis
:berbentuk pilihan ganda dan isian singkat yang disampaikan dengan google
form |
||
Purworejo, 13 Juli 2020
Telah memeriksa dan
memvalidasi Guru
mapel
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Informatika
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (6 JP)
Tujuan Pembelajaran |
Kompetensi Dasar |
|
3.1.1 Memahami program visual dari demo dan tutorial. |
||
Indikator Pencapaian Kompetensi |
||
3.3.1.1 Menjelaskan tentang
algoritma pemrograman 3.3.1.2 Menjelaskan bahasa
pemrograman struktural 3.3.1.3 Menjelaskan program visual,
dan dampaknya jika dieksekusi |
||
Materi Pembelajaran |
1.
Algoritma
pemrograman 2.
Bahasa pemrograman
struktural 3. Program visual, dan dampaknya jika dieksekusi |
|
|
||
Model: Saintifik dengan moda Daring. Deskripsi: Peserta didik secara mandiri
mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan memberi komentar. |
Langkah Pembelajaran
: 1.
Guru memberikan salam dan sapaan kepada peserta didik
melalui google classroom atau grup wa 2.
Guru mengabsen peserta didik menggunakan google form
atau list di grup wa Mengamati 3.
Guru memberikan penjelasan materi tentang algoritma pemrograman, bahasa pemrograman struktural,
program visual, dan dampaknya jika dieksekusi, kepada peserta didik menggunakan link weblog www.yutuz.blogspot.com melalui google classroom/Grup Wa. 4.
Peserta didik mempelajari
penjelasan/ulasan/video dalam goolge
classroom / Grup Wa yang diberikan
guru yang terkait dengan algoritma pemrograman,
bahasa pemrograman struktural, program visual, dan dampaknya jika dieksekusi, Menanya 5.
Peserta didik diharapkan mampu untuk merumuskan
pertanyaan terkait dengan materi algoritma
pemrograman, bahasa pemrograman struktural, program visual, dan dampaknya
jika dieksekusi 6.
Peserta didik secara mandiri menuliskan pertanyaan (komentar) yang belum
dipahami melalui kolom komentar atau wa Mengumpulkan
informasi 7. Peserta
didik diharapkan membuka buku siswa
dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang algoritma
pemrograman, bahasa pemrograman struktural, program visual, dan dampaknya
jika dieksekusi, Mengasosiasi 8.
Peserta didik diperbolehkan berkomunikasi melaui WA
(japri) dengan teman yang lain berkaitan dengan materi algoritma pemrograman, bahasa pemrograman struktural,
program visual, dan dampaknya jika dieksekusi 9.
Guru memberikan jawaban dan penjelasan atas
pertanyaan peserta didik yang memberikan komentar atau pertanyaan atas hal-hal yang belum dipahami. Mengkomunikasikan 10.
Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil
pekerjaan peserta didik. |
|
Alat, Bahan, Media: ·
laptop/Handphone ·
Video, presentasi ·
Blog: www.yutuz.blogspot.com ·
Aplikasi Whatsapp, google classroom, google
form, google drive |
||
|
||
Asesmen: ▪ Tes tertulis :berbentuk pilihan ganda dan isian singkat yang
disampaikan dengan google form |
||
Purworejo, 13
Juli 2020
Telah memeriksa dan memvalidasi Guru mapel
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Informatika
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (8 JP)
Tujuan Pembelajaran |
Kompetensi Dasar |
|
3.3.2 Mengenal cara kerja dan objek objek lingkungan
pemrograman visual yang dipakai. |
||
Indikator Pencapaian Kompetensi |
||
1.
Mengidentifikasi
objek-objek pemrograman visual yang dipakai. 2.
Menjelaskan
properties pada masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai. 3. Menjelaskan event dan method pada pemrograman visual yang
dipakai. |
||
Materi Pembelajaran |
4.
Objek-objek pemrograman
visual yang dipakai. 5.
Properties pada
masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai. 6.
Event dan method pada
pemrograman visual yang dipakai |
|
|
||
Model: Saintifik dengan moda Daring. Deskripsi: Peserta didik secara mandiri
mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan memberi komentar. |
Langkah Pembelajaran
: 1.
Guru memberikan salam dan sapaan kepada peserta didik
melalui google classroom atau grup wa 2.
Guru mengabsen peserta didik menggunakan google form
atau list di grup wa Mengamati 3.
Guru memberikan penjelasan materi tentang Objek-objek pemrograman visual yang dipakai, properties
pada masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai, event dan method
pada pemrograman visual yang dipakai, kepada peserta didik menggunakan link weblog www.yutuz.blogspot.com melalui google classroom/Grup Wa. 4.
Peserta didik mempelajari
penjelasan/ulasan/video dalam goolge
classroom / Grup Wa yang diberikan
guru yang terkait dengan objek-objek pemrograman
visual yang dipakai, properties pada masing-masing objek pemrograman visual
yang dipakai, event dan method pada pemrograman visual yang dipakai, Menanya 5.
Peserta didik diharapkan mampu untuk merumuskan
pertanyaan terkait dengan materi objek-objek
pemrograman visual yang dipakai, properties pada masing-masing objek
pemrograman visual yang dipakai, event dan method pada pemrograman visual
yang dipakai, 6.
Peserta didik secara mandiri menuliskan pertanyaan (komentar) yang belum
dipahami melalui kolom komentar atau wa Mengumpulkan
informasi 7.
Peserta didik diharapkan membuka buku siswa dan sumber lain untuk
mengumpulkan data tentang objek-objek pemrograman
visual yang dipakai, properties pada masing-masing objek pemrograman visual
yang dipakai, event dan method pada pemrograman visual yang dipakai, Mengasosiasi 8.
Peserta didik diperbolehkan berkomunikasi melaui WA
(japri) dengan teman yang lain berkaitan dengan materi objek-objek pemrograman visual yang dipakai, properties
pada masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai, event dan method
pada pemrograman visual yang dipakai. 9.
Guru memberikan jawaban dan penjelasan atas
pertanyaan peserta didik yang memberikan komentar atau pertanyaan atas hal-hal yang belum dipahami. Mengkomunikasikan 10.
Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil
pekerjaan peserta didik. |
|
Alat, Bahan, Media: ·
laptop/Handphone ·
Video, presentasi ·
Blog: www.yutuz.blogspot.com ·
Aplikasi Whatsapp, google classroom, google
form, google drive |
||
|
||
Asesmen: ▪ Tes tertulis :berbentuk pilihan ganda dan isian singkat yang
disampaikan dengan google form |
||
Purworejo, 13
Juli 2020
Telah memeriksa dan memvalidasi Guru mapel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar