Sabtu, 19 September 2020

RPP INFORMATIKA SMP KELAS 7 SEMESTER 1 TAHUN 2020

 Assalamualaikum,

Bagi anda yang sedang mencari  RPP Informatika di masa pandemi, berikut adalah contohnya :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

 

Sekolah                                   : SMP Negeri  

Mata Pelajaran                        : Informatika

Kelas/Semester                        : VII / 1

Alokasi Waktu                        : 4 pertemuan (8 JP)

 

Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

3.1.    Mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi.

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.1.      Menjelaskan pengertian perangkat keras komputer

3.1.2.      Menjelaskan macam macam piranti perangkat keras

3.1.3.      Menjelaskan pemfungsian perangkat keras komputer

3.1.4.      Menyebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat masukan

3.1.5.      Menyebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses

3.1.6.      Menyebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat penyimpanan

3.1.7.      Menyebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat pengeluaran

3.1.8.      Menjelaskan pengertian sistem operasi pada komputer

3.1.9.      Menjelaskan macam macam sistem operasi pada komputer

3.1.10.  Menjelaskan pemfungsian sistem operasi komputer

3.1.11.  Menjelaskan pengertian program aplikasi pada komputer

3.1.12.  Menjelaskan macam macam program aplikasi pada komputer

3.1.13.  Menjelaskan pemfungsian program aplikasi pada komputer.

Materi Pembelajaran

1.       Perangkat keras komputer

2.       Sistem Operasi, dan Aplikasi

 

Model:

Saintifik dengan moda Daring.

 

 

 

Deskripsi:

Peserta didik secara mandiri mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan memberi komentar.

 

Langkah Pembelajaran :

1.    Guru memberikan salam dan sapaan kepada peserta didik melalui google classroom atau grup wa

2.    Guru mengabsen peserta didik menggunakan google form atau list di grup wa, contoh http://gg.gg/absen7_1

Mengamati

3.    Guru memberikan penjelasan materi perangkat keras komputer, sistem operasi dan aplikasi kepada  peserta didik menggunakan link blog melalui google classroom/Grup Wa.

4.    Peserta didik mempelajari penjelasan/ulasan/video  dalam goolge classroom / Grup Wa  yang diberikan guru yang terkait dengan perangkat keras komputer, sistem operasi dan aplikasi.

Menanya

5.    Peserta didik diharapkan mampu untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan materi perangkat keras komputer, sistem operasi dan aplikasi.

6.    Peserta didik secara mandiri  menuliskan pertanyaan (komentar) yang belum dipahami melalui kolom komentar atau wa

Mengumpulkan informasi

7.    Peserta didik diharapkan  membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang perangkat keras komputer, sistem operasi dan aplikasi

Mengasosiasi

8.    Peserta didik diperbolehkan berkomunikasi melaui WA (japri) dengan teman yang lain berkaitan dengan materi perangkat keras komputer, sistem operasi dan aplikasi.

9.    Guru memberikan jawaban dan penjelasan atas pertanyaan peserta didik yang memberikan komentar atau pertanyaan atas  hal-hal yang belum dipahami.

Mengkomunikasikan

10.             Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil pekerjaan peserta didik.

Alat, Bahan, Media:

·  laptop/Handphone

·  Video, presentasi

·  Webblog : www.yutuz.blogspot.com

·  Aplikasi Whatsapp, google classroom, google form, google drive

 

 

Asesmen:

Tes tertulis :berbentuk pilihan ganda dan isian singkat yang disampaikan dengan google form

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

 

 

Sekolah                                   : SMP Negeri 

Mata Pelajaran                        : Informatika

Kelas/Semester                        : VII / 1

Alokasi Waktu                        : 1 Pertemuan (2 JP)

 

 

Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

4.1.1. Mengamati saat sebuah piranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai.

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.    Menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai.

Materi Pembelajaran

Menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai.

 

Model:

Saintifik dengan moda Daring.

 

 

 

Deskripsi:

Peserta didik secara mandiri mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan memberi komentar.

 

Langkah Pembelajaran :

1.    Guru memberikan salam dan sapaan kepada peserta didik melalui google classroom atau grup wa

2.    Guru mengabsen peserta didik menggunakan google form atau list di grup wa

Mengamati

3.    Guru memberikan penjelasan materi cara menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai, kepada  peserta didik menggunakan link weblog www.yutuz.blogspot.com melalui google classroom/Grup Wa.

4.    Peserta didik mempelajari penjelasan/ulasan/video  dalam goolge classroom / Grup Wa  yang diberikan guru yang terkait dengan cara menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai

Menanya

5.    Peserta didik diharapkan mampu untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan materi cara menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai

6.    Peserta didik secara mandiri  menuliskan pertanyaan (komentar) yang belum dipahami melalui kolom komentar atau wa

 

 

 

Mengumpulkan informasi

7.    Peserta didik diharapkan  membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang cara menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai

Mengasosiasi

8.    Peserta didik diperbolehkan berkomunikasi melaui WA (japri) dengan teman yang lain berkaitan dengan materi cara menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai

9.    Guru memberikan jawaban dan penjelasan atas pertanyaan peserta didik yang memberikan komentar atau pertanyaan atas  hal-hal yang belum dipahami.

Mengkomunikasikan

10.     Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil pekerjaan peserta didik.

Alat, Bahan, Media:

·  laptop/Handphone

·  Video, presentasi

·  Blog: www.yutuz.blogspot.com

·  Aplikasi Whatsapp, google classroom, google form, google drive

 

 

Asesmen:

Tes tertulis :berbentuk pilihan ganda dan isian singkat yang disampaikan dengan google form

 

 

Purworejo, 13 Juli 2020

Telah memeriksa dan memvalidasi                                                     Guru mapel







 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

 

Sekolah                                   : SMP Negeri 

Mata Pelajaran                        : Informatika

Kelas/Semester                        : VII / 1

Alokasi Waktu                        : 4 Pertemuan (8 JP)

 

Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

3.2 Mengenal data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, dan cara menyimpan, serta mengaksesnya.

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2.1.   Menjelaskan sel, range dan sheet

3.2.2.   Mengidentifikasi berbagai tipe data

3.2.3.   Menjelaskan berbagai macam operasi hitung

3.2.4.   Menjelaskan berbagai macam fungsi

3.2.5.   Menjelaskan berbagai macam operasi logika

3.2.6.   Menjelaskan berbagai macam operasi statistik

Materi Pembelajaran

1.  sel, range dan sheet

2.  berbagai tipe data

3.  Macam- macam operasi hitung

4.  Macam-macam fungsi

5.  Macam- macam operasi logika

6.  Macam- macam operasi statistik

 

Model:

Saintifik dengan moda Daring.

 

 

 

Deskripsi:

Peserta didik secara mandiri mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan memberi komentar.

 

Langkah Pembelajaran :

1.    Guru memberikan salam dan sapaan kepada peserta didik melalui google classroom atau grup wa

2.    Guru mengabsen peserta didik menggunakan google form atau list di grup wa

Mengamati

3.    Guru memberikan penjelasan materi tentang sel, range dan sheet, berbagai tipe data, macam- macam operasi hitung, macam-macam fungsi, macam- macam operasi logika, macam- macam operasi statistik, kepada  peserta didik menggunakan link weblog  www.yutuz.blogspot.com melalui google classroom/Grup Wa.

4.    Peserta didik mempelajari penjelasan/ulasan/video  dalam goolge classroom / Grup Wa  yang diberikan guru yang terkait dengan sel, range dan sheet, berbagai tipe data, macam- macam operasi hitung, macam-macam fungsi, macam- macam operasi logika, macam- macam operasi statistik

Menanya

5.    Peserta didik diharapkan mampu untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan materi sel, range dan sheet, berbagai tipe data, macam- macam operasi hitung, macam-macam fungsi, macam- macam operasi logika, macam- macam operasi statistik

6.    Peserta didik secara mandiri  menuliskan pertanyaan (komentar) yang belum dipahami melalui kolom komentar atau wa

Mengumpulkan informasi

7.    Peserta didik diharapkan  membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang sel, range dan sheet, berbagai tipe data, macam- macam operasi hitung, macam-macam fungsi, macam- macam operasi logika, macam- macam operasi statistik

 

Mengasosiasi

8.    Peserta didik diperbolehkan berkomunikasi melaui WA (japri) dengan teman yang lain berkaitan dengan materi cara menghidupkan sebuah piranti (misalnya hp, tablet) sampai siap dipakai

9.    Guru memberikan jawaban dan penjelasan atas pertanyaan peserta didik yang memberikan komentar atau pertanyaan atas  hal-hal yang belum dipahami.

Mengkomunikasikan

10.             Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil pekerjaan peserta didik.

Alat, Bahan, Media:

·  laptop/Handphone

·  Video, presentasi

·  Blog: www.yutuz.blogspot.com

·  Aplikasi Whatsapp, google classroom, google form, google drive

 

Asesmen:

Tes tertulis :berbentuk pilihan ganda dan isian singkat yang disampaikan dengan google form

 

 

 

Purworejo, 13 Juli 2020

Telah memeriksa dan memvalidasi                                                      Guru mapel











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

 

Sekolah                                   : SMP Negeri 

Mata Pelajaran                        : Informatika

Kelas/Semester                        : VII / 1

Alokasi Waktu                        : 3 Pertemuan (6 JP)

 

Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

3.1.1 Memahami program visual dari demo dan tutorial.

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3.1.1 Menjelaskan tentang algoritma pemrograman

3.3.1.2 Menjelaskan bahasa pemrograman struktural

3.3.1.3 Menjelaskan program visual, dan dampaknya jika dieksekusi

Materi Pembelajaran

1.  Algoritma pemrograman

2.  Bahasa pemrograman struktural

3.  Program visual, dan dampaknya jika dieksekusi

 

Model:

Saintifik dengan moda Daring.

 

 

 

Deskripsi:

Peserta didik secara mandiri mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan memberi komentar.

 

Langkah Pembelajaran :

1.    Guru memberikan salam dan sapaan kepada peserta didik melalui google classroom atau grup wa

2.    Guru mengabsen peserta didik menggunakan google form atau list di grup wa

Mengamati

3.    Guru memberikan penjelasan materi tentang algoritma pemrograman, bahasa pemrograman struktural, program visual, dan dampaknya jika dieksekusi, kepada  peserta didik menggunakan link weblog  www.yutuz.blogspot.com melalui google classroom/Grup Wa.

4.    Peserta didik mempelajari penjelasan/ulasan/video  dalam goolge classroom / Grup Wa  yang diberikan guru yang terkait dengan algoritma pemrograman, bahasa pemrograman struktural, program visual, dan dampaknya jika dieksekusi,

Menanya

5.    Peserta didik diharapkan mampu untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan materi algoritma pemrograman, bahasa pemrograman struktural, program visual, dan dampaknya jika dieksekusi

6.    Peserta didik secara mandiri  menuliskan pertanyaan (komentar) yang belum dipahami melalui kolom komentar atau wa

 

Mengumpulkan informasi

7.    Peserta didik diharapkan  membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang algoritma pemrograman, bahasa pemrograman struktural, program visual, dan dampaknya jika dieksekusi,

Mengasosiasi

8.    Peserta didik diperbolehkan berkomunikasi melaui WA (japri) dengan teman yang lain berkaitan dengan materi algoritma pemrograman, bahasa pemrograman struktural, program visual, dan dampaknya jika dieksekusi

9.    Guru memberikan jawaban dan penjelasan atas pertanyaan peserta didik yang memberikan komentar atau pertanyaan atas  hal-hal yang belum dipahami.

Mengkomunikasikan

10.             Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil pekerjaan peserta didik.

Alat, Bahan, Media:

·  laptop/Handphone

·  Video, presentasi

 

 

·  Blog: www.yutuz.blogspot.com

·  Aplikasi Whatsapp, google classroom, google form, google drive

 

Asesmen:

Tes tertulis :berbentuk pilihan ganda dan isian singkat yang disampaikan dengan google form

 

 

 

Purworejo, 13 Juli 2020

Telah memeriksa dan memvalidasi                                                     Guru mapel







 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

 

Sekolah                                   : SMP Negeri 

Mata Pelajaran                        : Informatika

Kelas/Semester                        : VII / 1

Alokasi Waktu                        : 4 Pertemuan (8 JP)

 

Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

3.3.2 Mengenal cara kerja dan objek objek lingkungan pemrograman visual yang dipakai.

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Mengidentifikasi objek-objek pemrograman visual yang dipakai.

2. Menjelaskan properties pada masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai.

3. Menjelaskan event dan method pada pemrograman visual yang dipakai.

Materi Pembelajaran

4.       Objek-objek pemrograman visual yang dipakai.

5.       Properties pada masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai.

6.       Event dan method pada pemrograman visual yang dipakai

 

Model:

Saintifik dengan moda Daring.

 

 

 

Deskripsi:

Peserta didik secara mandiri mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan memberi komentar.

 

Langkah Pembelajaran :

1.    Guru memberikan salam dan sapaan kepada peserta didik melalui google classroom atau grup wa

2.    Guru mengabsen peserta didik menggunakan google form atau list di grup wa

Mengamati

3.    Guru memberikan penjelasan materi tentang Objek-objek pemrograman visual yang dipakai, properties pada masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai, event dan method pada pemrograman visual yang dipakai, kepada  peserta didik menggunakan link weblog  www.yutuz.blogspot.com melalui google classroom/Grup Wa.

4.    Peserta didik mempelajari penjelasan/ulasan/video  dalam goolge classroom / Grup Wa  yang diberikan guru yang terkait dengan objek-objek pemrograman visual yang dipakai, properties pada masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai, event dan method pada pemrograman visual yang dipakai,

Menanya

5.    Peserta didik diharapkan mampu untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan materi objek-objek pemrograman visual yang dipakai, properties pada masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai, event dan method pada pemrograman visual yang dipakai,

6.    Peserta didik secara mandiri  menuliskan pertanyaan (komentar) yang belum dipahami melalui kolom komentar atau wa

Mengumpulkan informasi

7.    Peserta didik diharapkan  membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang objek-objek pemrograman visual yang dipakai, properties pada masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai, event dan method pada pemrograman visual yang dipakai,

Mengasosiasi

8.    Peserta didik diperbolehkan berkomunikasi melaui WA (japri) dengan teman yang lain berkaitan dengan materi objek-objek pemrograman visual yang dipakai, properties pada masing-masing objek pemrograman visual yang dipakai, event dan method pada pemrograman visual yang dipakai.

9.    Guru memberikan jawaban dan penjelasan atas pertanyaan peserta didik yang memberikan komentar atau pertanyaan atas  hal-hal yang belum dipahami.

Mengkomunikasikan

10.     Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil pekerjaan peserta didik.

Alat, Bahan, Media:

·  laptop/Handphone

·  Video, presentasi

 

·  Blog: www.yutuz.blogspot.com

·  Aplikasi Whatsapp, google classroom, google form, google drive

 

Asesmen:

Tes tertulis :berbentuk pilihan ganda dan isian singkat yang disampaikan dengan google form

 

 

 

Purworejo, 13 Juli 2020

Telah memeriksa dan memvalidasi                                                     Guru mapel



 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat game pong dengan scratch

  Langsung saja kita mulai membuat  game pong dengan menggunakan scratch  Siapkan stage atau lapangan pong terlebih dahulu dengan cara klik ...